
7 Strategi Pemasaran Kedai Kopi, Ikuti Agar Kedai Kopi Ramai!
Dengan semakin banyaknya kedai kopi baru bermunculan, Anda tentu ingin bisnis kedai kopi Anda bertahan dan tidak kalah bersaing. Nah, jika Anda ingin kedai kopi terus ramai pengunjung, berikut ini beberapa strategi pemasaran kedai kopi yang layak dicoba!
Daftar Isi
1. Kejutkan Pelanggan dengan Menu Minuman “Rahasia”

Dalam usaha kedai kopi, menu adalah salah satu fitur utama dan penting, Namun, sering kali jenis dan rasa minumnya terasa seperti sama saja atau tidak ada bedanya dengan kedai kopi lainnya. Agar tidak terlihat sama saja, strategi pemasaran kedai kopi dengan membuat menu minuman rahasia bisa dicoba agar kedai kopi Anda terasa lebih istimewa.
Menu rahasia ini memungkinkan barista berkreasi dengan berbagai biji kopi yang dibuatnya agar lebih istimewa dan kreatif. Selain itu, hal ini juga sekaligus menajdi cara yang bisa dilakukan untuk menghabiskan stok bahan minuman yang masih tersedia.
Dari segi pemasaran, menyediakan menu rahasia memberikan kesan eksklusif dan spesial kepada para pelanggan. Hal ini bisa menumbuhkan loyalitas konsumen terhadap kedai kopi Anda. Apa lagi jika menu rahasia ini dipromosikan secara rahasia melalui media sosial atau word of mouth, maka rasa penasaran pelanggan juga semakin meningkat.
2. Buat Suasana Berbeda dengan Special Event
Agar bisa menjangkau pelanggan baru yang lebih luas, maka Anda bisa mengadakan special event di kedai kopi. Misalnya dengan mengadakan live music dengan tema tertentu untuk menyajikan nuansa dan suasana khusus, mengadakan coffee tasting event, atau lomba barista.
Kegiatan-kegiatan khusus tentang kopi ini bisa membuat komunitas pecinta kopi maupun pelaku industri kopi lain tertarik dengan kedai kopi Anda. Berkumpulnya orang-orang dari komunitas kopi bisa menjadi arena yang tepat bagi Anda untuk menjalin koneksi dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.
3. Buat Coffee Loyalty Program untuk Pelanggan Setia

Loyalty program merupakan program penghargaan khusus yang diberikan kepada pelanggan. Program ini bisa membantu Anda mendorong penjualan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan. Melalui program ini, Anda bisa menunjukkan betapa Anda menghargai pelanggan kedai kopi yang setia dengan memberikan promo khusus.
Selain meningkatkan kesetiaan pelanggan, program ini juga bisa membantu Anda mengumpulkan data pelanggan. Data ini akan bermanfaat nantinya ketika Anda mencoba melakukan strategi pemasaran lainnya.
4. Gunakan Google Bisnis Agar Tidak Kalah Saing di Dunia Online
Belum banyak orang tahu soal fitur dan manfaat Google Bisnis. Padahal, fitur yang disediakan Google ini bisa sangat membantu bisnis atau usaha meningkatkan online presence mereka. Jadi, sebagai kedai kopi masa kini, Anda juga harus memanfaatkan Google Bisnis dan melakukan SEO lokal agar kedai kopi makin dikenal.
Meningkatkan SEO lokal bisa dilakukan ketika Anda mendaftarkan bisnis ke Google Bisnis. Dengan memanfaatkan SEO lokal ini, kedai kopi Anda akan lebih sering muncul ketika dilakukan pencarian daftar kedai kopi lokal. Tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan strategi pemasaran kedai kopi ini karena platformnya gratis.
Manfaatkan fitur ini agar visibilitas kedai kopi Anda semakin tinggi. Selain itu, pelanggan juga bisa secara langsung mendapatkan rekomendasi kedai kopi Anda ketika melakukan pencarian kedai kopi lokal. Kemudian, pelanggan bisa meninggalkan review atau feedback yang bisa Anda jadikan acuan untuk terus memperbaiki dan mengembangkan bisnis.
5. Manjakan Pelanggan Melalui Pilihan Pengiriman Online

Sejak pandemi, kini semakin banyak pelanggan yang lebih suka memesan makanan maupun minuman secara online dengan menggunakan aplikasi. Jika Anda tidak ingin kalah dengan usaha kedai kopi lainnya, maka cobalah untuk membuka penjualan melalui aplikasi ojek online.
Model penjualan ini sangat bagus dilakukan di Indonesia karena pemakaianya yang juga banyak di Indonesia. Selain memberikan kemudahan bagi pelanggan, melalui aplikasi-aplikasi tersebut, Anda juga bisa bekerja sama untuk memberikan promo berupa potongan harga menu atau free delivery.
6. Ramaikan Akun Media Sosial dengan Konten Buatan Pelanggan
Jika kedai kopi Anda memiliki media sosial sendiri, maka jangan lupa utuk memanfaatkan user generated content. Yang dimaksud dengan user generated content adalah konten media sosial yang dibuat oleh pengunjung sendiri.
Postingan seperti ini bisa menjadi salah satu cara untuk menunjukkan tampilan kedai kopi secara langsung sekaligus sebagai testimoni dari pelanggan. Agar lebih efektif, Anda bisa membuat hashtag khusus agar pengunjung halaman bisa dengan mudah melihat konten kedai Anda dan langsung merespon melalui komentar.
Interaksi pada konten seperti ini akan menunjukkan sisi “manusiawi” kedai kopi Anda. Jadi, usaha Anda tidak hanya akan terlihat sebagai bisnis yang tidak berwajah.
7. Dekati Pelanggan Gen-Z dengan Aktif di TikTok

Strategi pemasaran kedai kopi terakhir adalah denga memanfaatkan TikTok untuk aktif di media sosial. Selain instagram, Anda juga bisa membuat dan menjalankan akun TikTok kedai Anda. Hal ini bisa sangat menguntungkan mengingat banyaknya pengguna TikTok di Indonesia dan betapa media sosial ini sekarang tengah populer.
TikTok bukan hanya sekedar aplikasi media sosial. Bagaimana tidak, dilansir dari Japan Times, saat ini banyak Gen Z yang beralih ke TikTok ketika sedang mencari sesuatu. Jadi, bagi Gen Z, TikTok juga memiliki fungsi sebagai mesin pencari. Jadi, menjalankan akun TikTok akan mempermudah Anda menjangkau target market Gen Z.
Selain itu, format short video di TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk membagikan tips atau teknik khusus yang digunakan di kedai kopi. Misalnya dengan membuat video teknik latte art atau cara membuat kopi yang simple namun enak.
Jadi, itu dia 7 strategi pemasaran kedai kopi yang dapat membantu Anda meningkatkan popularitas dan keuntungan usaha kopi Anda. Tapi, tahukah Anda bahwa selain memiliki strategi pemasaran yang efektif, kualitas biji kopi hijau yang digunakan juga memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis kopi Anda. Selain itu, membeli mesin pembuat kopi atau perlengkapan barista yang berkualitas juga sama penting-nya dengan strategi pemasaran yang dilakukan.
Dengan menyiapkan kedai kopi Anda dari berbagai faktor begitu, Anda bisa memenuhi harapan pelanggan dan bersaing di pasar bisnis kopi yang semakin ketat. Semoga berhasil!
No Comments